3 Tips Memilih Kacamata Sesuai Kebutuhan

Seperti fashion item lain, kacamata juga ikut mengalami perkembangan mode. Perkembangan tersebut meliputi bentuk, warna, dan juga fungsi yang bisa digunakan dalam berbagai macam kegiatan ataupun acara yang akan kita hadiri. Selain berfungsi untuk menambah mode berpakaian kita, salah satu manfaat dari kacamata gaya adalah untuk menangkal paparan sinar matahari langsung pada mata si penngguna. Sangat cocok digunakan di siang hari, apalagi di negara dengan iklim seperti Indonesia ini.

 

Berikut adalah 3 tips memilih kacamata gaya sesuai kebutuhan:

 

  1. Sesuaikan dengan bentuk wajah

Terkadang kita malu atau urung memakai kacamata gaya untuk bepergian karena terlihat tidak pas di wajah dan sebagainya. Hal itu sering terjadi karena kita tidak memilah dan memilih kacamata seperti apa yang sesuai dengan bentuk wajah kita. Padahal, jika dapat memilih kacamata yang pas, akan sangat menambah gaya dan mampu meningkatkan kepercayaan diri kita, lho!

Untuk kalian dengan bentuk wajah bulat, hindari penggunaan kacamata dengan frame berbentuk lingkaran. Sebaliknya, lebih baik gunakan kacamata dengan frame berbentuk persegi atau persegi panjang. Frame persegi pada bentuk wajah yang bulat akan menciptakan kontras dan membuat wajah kita menjadi lebih menarik.

Jika kalian memiliki bentuk wajah oval, hindari penggunaan kacamata dengan lensa yang terlalu lebar. Hal ini akan membantu menjaga bentuk simetri alami wajah. Bentuk wajah oval juga lebih bagus jika menggunakan kacamata dengan frame berbentuk geometris. Sedangkan untuk bentuk wajah panjang, gunakanlah kacamata dengan hiasan atau aksesoris pada sisi-sisi bingkainya.

Kemudian buat kalian semua yang memiliki bentuk wajah hati, sebaiknya hindari kacamata dengan frame tebal maupun kacamata dengan banyak dekorasi pada bagian atas. Bentuk wajah seperti ini biasanya memiliki dagu runcing dan tulang pipi yang tinggi. Maka dari itu, usahakan jangan menarik terlalu banyak perhatian pada bagian atas wajah agar terlihat semakin menarik.

 

  1. Berkendara

Saat sedang berkendara, fungsi kacamata bukan hanya sebagai penambah gaya, melainkan juga untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung dan juga polusi udara. Pilihlah kacamata dengan lensa yang agak gelap untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Sebaiknya juga gunakan kacamata dengan frame yang ringan agar tidak membuat otot wajah kita cepat lelah, apalagi ketika perjalanan jauh.

Jenis kacamata pria juga sangat cocok jika dipadukan dengan model helm klasik ataupun helm lain yang tidak memiliki double visor.

  1. Acara Indoor

Hindari penggunaan kacamata dengan lensa yang tebal dan gelap. Pencahayaan ruangan sering kali tidak sebaik di luar ruangan. Jangan sampai kacamata yang kalian pilih malah membuat kalian kesulitan melihat. Sesuaikan juga warna frame atau lensa dengan busana yang kalian kenakan. Contohnya ketika menghadiri acara pernikahan, jika kalian memakai setelan berwarna hijau, pilihlah kacamata dengan warna turunannya atau warna lain yang senada.

Untuk acara-acara yang lebih formal, hindari pemilihan kacamata dengan bentuk frame yang rumit dan besar atau frame dengan warna terang yang mencolok. Sebaiknya kalian gunakan jenis kacamata berbingkai kecil dan simpel dengan warna yang agak gelap. Untuk kaum pria, biasanya lebih memilih kacamata dengan frame bergaris tegas untuk menambah kesan maskulin. Sebagai contoh, jenis kacamata pria yang cocok digunakan dalam acara formal adalah kacamata seperti yang digunakan pada film Men in Black. Kacamata seperti itu sangat serasi jika dipadankan dengan dasi dan tuksedo.

 

Itulah beberapa tips memilih kacamata gaya sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!