Tips Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mudah Mengelupas dan Awet

No Comments

Tas kulit memang istimewa. Tidak hanya karena kesan elegan yang didapatkan saat memakainya, juga karena perlu perhatian khusus saat merawatnya. Tidak semua orang paham benar cara merawat tas dari bahan satu ini, baik kulit asli maupun kulit sintetis. Apalagi kalau sampai tas kulit Anda mengelupas karena tidak dirawat, tentu sangat disayangkan. Berikut ini tips merawat tas kulit agar tidak mudah mengeluas dan awet.

Jauhkan dari Sinar Matahari dan Air

Sinar matahari langsung dan air adalah musuh utama tas berbahan dasar kulit. Karena kedua hal ini bisa membuat tekstur kulit cepat rusak. Selain itu, warna tas kulit juga akan memudar dan teksturnya mudah retak. Khusus untuk air, bisa membuat tas menjadi rentan ditumbuhi jamur. Jadi, saat menyimpan tas kulit, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan sejuk. Bungkus tas dalam wadah terpisah satu per satu, jangan campur satu tas dengan tas kulit yang lainnya.

Segera Bersihkan Noda

Saat terkena noda, sebaiknya segera lakukan pembersihkan. Jika tas kulit Anda terkena noda makanan, Anda bisa mengatasinya dengan kapur tulis berwarna putih. Caranya mudah, cukup taburkan bubuk tersebut pada permukaan tas kulit dan diamkan selama semalaman. Di pagi hari, Anda tinggal membersihkan sisa kapur tulis dengan menggunakan cairan pembersih khusus bahan kulit.

Baca Juga:  Mencari Tas Kulit Pria yang Cocok, Perhatikan Jenisnya!

Sering Digunakan

Tas kulit disimpan agar awet? Sebenarnya justru akan membuat tas menjadi tidak awet. Alih-alih hanya disimpan terlalu lama, sebaiknya tas kulit justru sering digunakan. Untuk tas yang terlanjur lama tidak digunakan, sebaiknya bersihkan dulu dengan cairan khusus pembersih bahan kulit dan diangin-anginkan sebenar. Cairan pembersih khusus tersebut biasanya mengandung moisturizer yang ampuh melembapkan tekstur tas kulit.

Gunakan Kapas atau Kain Microfiber

Untuk membersihkan permukaan tas kulit, sebaiknya gunakan kapas atau kain microfiber. Kedua bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak akan merusak permukaan tas kulit. Alih-alih, sebaiknya Anda tidak menggunakan tisu atau spons. Ini karena serat tisu yang tajam dapat merusak tekstur tas kulit sedangkan spons bisa membuat warna alami bahan kulit jadi memudar.

Hindari Menumpuk Tas

Menyimpan tas kulit dengan cara menumpuknya bersama bahan-bahan lain adalah hal yang sangat tidak disarankan. Hal ini bisa merusak tekstur tas kulit Anda. Cara menyimpan tas kulit adalah dengan meletakannya dalam posisi berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya. Dengan demikian, tas kulit Anda pasti akan tetap tampak keren meski sudah digunakan bertahun-tahun.

Demikian tadi beberapa tips praktis merawat tas kulit agar tidak mudah mengelupas dan selalu awet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *