Tips Merawat Tas Kulit Agar Selalu Tahan Lama

No Comments

Memiliki berbagai item fashion berbahan kulit sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat mulai dari dompet, tas kulit hingga sepatu kulit. Selain selalu terlihat modis, item fashion berbahan kulit seolah tidak pernah lekang dimakan zaman. Tak heran jika banyak sekali pecinta berbagai benda berbahan kulit. Meski begitu, Anda juga perlu mulai merawat dan menjaga apapun itu yang berbahan kulit sehingga senantiasa tahan lama dan awet.

Perawatan yang sulit memang kerap menjadi alasan banyak orang yang memiliki benda berbahan kulit ini untuk tidak merawatnya dan begitu saja membiarkannya. Namun Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini sehingga benda-benda berbahan kulit yang Anda miliki bisa lebih awet:

  1. Diangin-anginkan

Untuk menghindarkan jamur dari tas kulit, maka Anda bisa mengangin-anginkan tas di luar ruangan. Meskipun mungkin Anda kerap merasa malas, namun tas yang jarang dipakai bisa mengakibatkan jamur datang dan betah di tas kesayangan Anda karena lembab nya udara sekitar tas dan lemari. Untuk itu, angin-anginkan saja tas Anda sesekali sehingga bisa mengusir kelembaban yang mengundang jamur.

  1. Silica gel

Masukkan silica gel ke dalam berbagai benda berbahan kulit yang Anda miliki. Anda bisa memasukkan silica gel ini sebelum menyimpan benda berbahan kulit sehingga jamur tidak akan menempel di sana. Usahakan berbagai benda berbahan kulit tersebut senantiasa kering dan terhindar dari lembab yang membuat betah nya jamur perusak.

  1. Mencucinya

Banyak yang menganggap jika mencuci benda berbahan kulit adalah berbahaya karena akan dengan mudah merusaknya. Namun pendapat ini tidak benar karena Anda tetap bisa mencucinya, namun dengan cara yang berbeda, yaitu:

  • Pertama siapkan air hangat serta sabun mandi dan campurkan ke dalam ember besar.
  • Oles cairan sabun yang ada ke permukaan benda berbahan kulit yang Anda cuci, misalnya tas.
  • Sikat tas tersebut dengan sikat gigi berbahan bulu lembut dengan pelan.
  • Setelah dirasa bersih, bilaslah tas tersebut hingga sabun nya bersih dengan menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air dingin.
  • Untuk mengeringkannya, gantung lah tas ke posisi yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan biarkan kering karena angin.
  • Jika memungkinkan, Anda juga bisa menambah olesan body lotion pada permukaan kulit sehingga tidak terasa kering.

Itulah beberapa tips merawat tas kulit yang bisa Anda praktik kan. Tips tersebut juga bisa Anda terapkan untuk benda berbahan kulit lainnya seperti sepatu, jaket hingga dompet karena perawatannya hampir sama. Usahakan menyimpan dalam lemari tertentu sehingga bisa lebih terjaga. Jangan menumpuk tas dengan tas yang lain dan usahakan untuk digantung saja sehingga bentuk tas lebih terjaga.

 

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *