Tips Merawat Tas Branded Sesuai Jenis Bahannya

No Comments

Selain pakaian, tas juga adalah salah satu pelengkap penampilan yang penting, terutama bagi wanita. Tidak jarang, Anda, kaum wanita bahkan mengoleksi tas branded secara khusus. Ada kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Tetapi, apakah Anda juga sudah paham benar cara merawat tas branded Anda agar tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu lama? Berikut ini tips merawat tas branded sesuai jenis bahannya yang wajib Anda tahu.

Bahan Kulit Leather

Ciri utama tas yang terbuat dari Leather ( Kulit ) adalah bahannya paling lentur  dan berkualitas tinggi dibanding dengan tas yang terbuat bahan lain. Karenanya, perawatan tas berbahan kulit ini butuh perhatian khusus dan harus sering dilakukan. Salah satu caranya dengan menyemir tas kulit tersebut dengan warna netral satu atau dua bulan sekali. Saat menyemir, gunakan sikat berbulu lembuat dan bertekstur halus. Untuk amannya, semir tas

tersebut dimulai dari bagian bawah terlebih dahulu. Ini penting untuk memastikan kalau semir yang Anda gunakan tidak merusak warna tas. Setelahnya, sikat lah tas tersebut secara perlahan dengan sikat yang memiliki bulu halus dan lembut.

Bahan Patent Leather

Untuk merawat tas dengan bahan patent leather atau nama lainnya kulit lak paten, Anda membutuhkan mineral oil atau  petroleum jelly / aseton. Tuangkan terlebih dahulu pembersih tadi pada kain, baru gunakan kain tersebut untuk mengusap dan membersihkan tas. Usapkan secara perlahan dengan sedikit tekanan. Anda dapat mengulanginya di bagian yang bernoda bandel hingga hilang sempurna.

Bahan Kain

Merawat tas berbahan kain hampir sama seperti merawat pakaian. Anda butuh pembersih vacuul dengan ukuran kecil. Ini dapat Anda lakukan untuk tas dengan kontruksi bahan yang kuat. Jika tas Anda bukan model ini, maka Anda bisa menggunakan air hangat dengan sedikit campuran detergent untuk membersihkannya. Untuk menghilangkan noda membandel, Anda hanya perlu menguceknya saja. Hindari penggunaan sikat untuk menjaga serat kain tetap lembut.

Untuk tas bahan kain yang memiliki banyak hiasan atau manik-manik, agak lebih susah dibersihkan. Jika Anda khawatir tidak bisa membersihkannya dengan baik, Anda bisa membawanya ke spesialis pembersih tas untuk membersihkannya.

Dengaan Bahan Suede

Untuk tas berbahan suede lembut dari kulit kambing dengan motif anyaman, anda cukup merawat dengan cara menyikatnya agar tidak  terlihat kusam dan suedenya mengeras. Agar tekstur suede tidak keras dan rusak, sebaiknya simpan tas di tempat yang lembab. Sebelumnya, bungkus juga tas dengan kertas atau tissue bebas asam, dan angin-anginkan agar tidak tumbuh jamur.

Untuk membersihkan noda dari tas berbahan suede, Anda bisa memanfaatkan penghapus pensil untuk membersihkan noda kering. Dan untuk noda basah, Anda bisa menggunakan handuk kecil yang dibasahi dengan air kemudian dilpa pada bagian yang kotor berulang-ulang hingga benar-benar bersih.

Dengan Bahan Plastik

Tas dengan bahan terakhir ini relatif paling mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan jenis sabun apa saja dan kemudian menyikat permukaan tas branded dengan lembuat. Setelahnya, bilas tas dengan air mengalir dan biarkan tas kering dengan cara diangin-anginkan. Agar tas mengkilap, Anda juga dapat menyemprotkan silicone wax yang dapat dibeli di toko-toko olahraga.

 

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *