Tips Menggunakan Atasan Batik sebagai Pakaian Kerja

No Comments
Tips Menggunakan Atasan Batik sebagai Pakaian Kerja

Sekarang ini batik tidak hanya menjadi fashion para orang tua dan untuk acara-acara formal. Namun juga untuk dipakai sebagai pakaian kerja sehari-hari. Bahkan di beberapa perusahaan mewajibkan setiap karyawannya untuk mengenakan batik. Beragam batik yang ada, tentu menjadi pilihan yang menarik. Tinggal bagaimana fashion dan selera kita. Untuk mengetahui hal-hal ynag berkaitan dengan batik, berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Tips Menggunakan Atasan Batik sebagai Pakaian Kerja

Jenis-Jenis Batik

Secara garis besar, batik dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan cara pembuatannya, antara lain:

  • Batik tulis

Sesuai dengan namanya, semua proses pembuatan batik ini adalah dengan mengandalkan tangan. Proses pembuatan ini cukup rumit, sebuah kain yang dibatik membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Motif yang dibuat biasanya berupa benda-benda maupun budaya yang ada di sekitarnya.

  • Batik cap

Prinsip pengerjaan batik cap ini tidak jauh berbeda dengan batik tulis. Hanya saja proses pengerjaannya jauh lebih cepat karena menggunakan stempel khusus yang ditekankan di atas kain seperti proses memberi cap di atas kertas. Cap ini biasanya terbuat dari tembaga berukuran 20×20 cm.

Tips Memilih Atasan Batik sebagai Pakaian Kerja

  • Bahan yang digunakan

Saat memilih sebuah pakaian, faktor utama yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan bahan. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat keren, Anda memilih kain batik sutra yang kurang menyerap keringat dan harganya mahal. Maka dari itu, utamakan bahan kain yang mudah menyerap keringat seperti katun, sehingga Anda bisa tetap bekerja dengan nyaman meski mengenakan batik.

  • Corak batik

Pemilihan corak batik menjadi cukup penting karena akan mempengaruhi penampilan postur tubuh Anda. Misalnya corak geometris akan memberikan kesan formal. Corak ini membantu Anda yang berpostur sedikit gemuk untuk menyarkan postur tubuh Anda.

  • Menentukan budget yang dimiliki

Batik dijual dengan beragam varian harga. Oleh sebab itu jangan terburu-buru dalam membeli batik. Tentukan dahulu corak dan motif yang diinginkan kemudian baru sesuaikan dengan isi dompet. Mahalnya batik biasanya dipengaruhi bahan dan cara pembuatannya.

  • Sesuaikan warna dengan kondisi pekerjaan

Sebaiknya sesuaikan batik dengan kegiatan yang Anda lakukan. Solusi paling mudah adalah dengan memilih warna netral seperti krem dan coklat, karena tentunya cocok dan tidak akan terlalu mencolok.

  • Lengan panjang atau pendek?

Jika Anda banyak melakukan aktivitas atau bergerak selama bekerja, pakaian kerja yang cocok adalah yang berlengan pendek. Ini memungkinkan Anda untuk tidak terganggu oleh lengan yang tertutup kain. Namun pilihan lengan panjang tetap bisa menjadi pertimbangan jika Anda terbiasa menggunakan lengan panjang, ataupun jika kondisi kantor memang cukup dingin.

  • Pilih motif yang menunjang keindahan

Bagi seorang perempuan, motif batik yang menarik bisa menjadi salah satu kebutuhan yag wajib. Motif yang cantik tentu akan memberikan rasa percaya diri yang lebih. Anda bisa memilih motif keong yang merupakan motif klasik Yogyakarta atau motif bunga dengan warna yang kalem.

 

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *