Tips Memilih Baju Batik yang Cocok untuk Anak-anak

No Comments
Tips Memilih Baju Batik yang Cocok untuk Anak-anak

Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan. Penggunaan baju batik untuk kegiatan sehari-hari saat ini tidak terbatas untuk orang dewasa saja. Adanya pengaruh tren yang meluas, membuat batik juga mulai dikenakan oleh anak-anak. Memilih baju dari batik untuk orang dewasa lebih mudah dibandingkan untuk anak-anak karena untuk padupadan batik yang dikenakan bisa disesuaikan dengan keinginan. Jika sudah cocok untuk motif atau corak, warna, bahan, dan harganya sudah pasti akan langsung dibeli.

Tips Memilih Baju Batik yang Cocok untuk Anak-anak 

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak cenderung memakai pakaian yang sudah dipilihkan oleh orang tua. Meskipun tidak ada salahnya juga jika Anda sedikit memberi peran untuk anak dalam urusan memilih baju yang tepat untuk mereka kenakan. Mengingat baju dari batik merupakan jenis pakaian yang unik karena memiliki motif, warna dan ciri khas tersendiri, maka saat memilihkan batik untuk anak Anda bisa menerapkan tips berikut ini, diantaranya:

  • Jika Anda berniat untuk membuatkan baju batik untuk anak di tukang jahit, sebaiknya libatkan anak mulai dari pemilihan bahannya hingga model baju yang diinginkan. Namun Anda bisa juga meminta arahan dari penjahit untuk model baju yang sekiranya cocok dikenakan oleh anak dengan usia dan postur tubuh yang dimiliki.
  • Jika Anda berbelanja batik di butik khusus batik, ajaklah sekalian anak Anda. Selain Anda nantinya bisa mengenalkan berbagai macam batik untuk menumbuhkan kecintaan sang anak pada batik, kita juga bisa mencarikan baju yang sesuai secara bersama-sama dan bisa melakukan pengepasan langsung, sehingga resiko baju kebesaran atau tidak suka dengan motif dan warnanya akan bisa diminimalisir. Tentu Anda tidak mau bukan, jika terlanjur membeli baju namun sang anak tidak mau memakainya?.
  • Saat memilihkan baju dari batik yang sesuai untuk sang anak, beri kesempatan anak untuk mengemukakan pilihan baju yang disukai. Hal ini selain akan membuat anak menjadi berpikiran terbuka (open minded), juga akan melatih si anak mengambil keputusan untuk kebutuhan dirinya sendiri.
  • Jika anak Anda terlalu sungkan untuk memilih sendiri, Anda bisa mengarahkan baju yang sesuai untuk dikenakan dan mengajak sang anak untuk ikut berpartisipasi.
  • Untuk mendapatkan baju batik yang sesuai, saat membeli di tempat ajak si kecil untuk mencoba mengepas setiap baju yang disukai. Dari sini nantinya kita bisa menyeleksi beberapa baju yang paling disukai untuk sang anak untuk kemudian dibeli.
  • Jika kebanyakan batik sarimbit dikenakan kembar untuk motif batiknya antara pasangan wanita dan pria, tidak ada salahnya Anda membuat baju sarimbit yang kompak dengan sang anak namun tetap memperhatikan model yang sesuai untuk anak.
  • Pilihlah baju dari batik yang nyaman digunakan oleh sang anak. Anak-anak terbilang sangat aktif berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Untuk itu Anda bisa mempertimbangkan batik yang berbahan katun karena memiliki sifat sejuk digunakan dan lebih mudah menyerap keringat.
Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *