Tips Agar Warna Rambut Tahan Lama Dan Sehat Alami

No Comments

Merawat rambut yang diwarnai berbeda dengan rambut yang tidak diwarnai. Jika rambut Anda diwarnai butuh perawatan khusus agar rambut tetap sehat dan terhindar dari efek samping. Karena penggunaan cat warna rambut mengandung bahan kimia yang bisa membuat rambut rusak, kering dan rapuh.

Oleh sebab itu, rambut yang diwarnai harus dibarengi dengan perawatan yang tepat. jika perawatan dilakukan dengan benar, bukan hanya membuat cat rambut bertahan lama namun  bisa membuat rambut tetap kuat, sehat dan lembut.

Perawatan Sehari-Hari Untuk Rambut Berwarna

  • Mencuci Rambut

Setelah rambut diwarnai, sebaiknya jangan mencuci rambut selama 24 jam agar warna cat meresap hingga ke batang rambut. Rambut yang dicuci langsung setelah rambut diwarnai membuat wanra cepat memudar. Setelah 24 baru kemudian rambut dicuci menggunakan shampoo dan condisioner khusus untuk rambut berwarna. Cuci rambut menggunakan air dingin dan bilas hingga bersih.

  • Memberi Serum

Agar rambut tidak kering, kusam dan rusak. Gunakan serum yang bisa menjaga kelembaban rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, lanjutkan dengan mengoleskan condisioner lalu bersihkan hingga bersih. Selain itu penggunaan serum membuat rambut lebih sehat.

Serum untuk rambut mengandung vitamin yang berkhasiat membuat rambut sehat dan memperbaiki masalah pada rambut dengan lebih intensif. Sebaiknya, serum digunakan setelah keramas saat rambut masih setengah basah (lembab) agar kandungan vitaminnya bisa meresap dengan sempurna hingga ke dalam batang rambut.

Baca Juga:3 Tips Mengubah Warna Rambut Dengan Metode Alami

  • Jangan Mengecat Rambut Berulang-Ulang

Setelah rambut diwarnai kasih waktu untuk beristirahat sekitar seminggu sebelum melakukan jenis perawatan lainnya. Cara ini dilakukan agar rambut bisa menyesuaikan dengan warna cat. Jika kurang suka warnanya jangan mengganti warna rambut dengan yang baru sebelum dua minggu dari waktu mengacat pertama.

Perawatan Mingguan Untuk Rambut Berwarna

  • Masker Rambut

Selain perawatan sehari-hari, lakukan juga perawatan mingguan. Seperti: memberi masker khusus rambut yang memiliki kandungan pelembab lebih banyak. Perawatan masker pada rambut bisa menghindari rambut kering dan pecah-pecah. Selain itu pemberian masker bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Produk Styling

Alangkah baiknya jika rambut yang diwarnai tidak terlalu sering menggunakan produk styling, karena mengandung banyak zat kimia yang bisa membuat rambut kering dan rusak. Beberapa jenis produk styling adalah: hair spray, gel rambut, cairan atau kriem pelurus, mousse, pengkriting rambut dan masih banyak produk lainnya.

  • Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Sudah bukan rahasia lagi jika bahan-bahan alami bisa dijadikan bahan perawatan rambut yang tepat. Misalnya: menggunakan santan dengan cara mengoleskannya ke seluruh batang rambut, bisa membuat rambut lebih lembab secara alami. Hal tersebut karena santan mengandung nutrisi yang baik untuk rambut.

  • Hindari Menggunakan Peralatan Elektronik

Rambut yang diwarnai sebaiknya hindari menggunakan alat elektonik yang mengeluarkan panas untuk menata rambut, sepert: rol panas, catokan listrik, hair dryer dsb. Selain membuat rambut jadi rusak, penggunaan alat-alat tersebut bisa membuat warna rambut cepat memudar dan terlihat kusam.

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Cantik Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *