Tidak Sulit! Begini Cara Potong Rambut Pria dengan Mesin

No Comments

Di zaman yang serba modern ini, hampir semua alat sudah menggunakan listrik sebagai dayanya. Hal tersebut juga berlaku pada beragam alat kecantikan dan pangkas rambut. Mulai dari alat cukur kumis, alat pemotong rambut, hair dryer, alat catok, dan lain sebagainya. Alat cukur kumis elektrik dan alat pemotong rambut elektrik pun kini sudah banyak di pasaran. Alat-alat tersebut kini tidak hanya dimiliki hair stylish ternama saja, siapapun bisa memilikinya.

Penggunaan alat pemotong rambut elektrik ini tentu memudahkan proses pemotongan rambut. Mesin pemotong rambut disebut juga dengan hair clipper. Hair clipper bisa dikatakan sebagai revolusi penggunaan gunting.

Pemakaian hair clipper bisa membuat proses memotong rambut lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan gunting. Alat pemotong rambut dengan mesin ini biasanya digunakan di salon. Namun kini, siapapun bisa memiliki hair clipper elektronik yang sangat canggih ini.

Pada sejarah perkembangannya, sebelum alat pemotong rambut dengan mesin ini mulai diciptakan, para tukang pangkas rambut telah menggunakan hair clipper manual.

Tidak menggunakan mesin dan listrik, hair clipper manual ini memanfaatkan gerakan jari untuk menggerakkannya.

Hair clipper tidak hanya berfungsi untuk memotong rambut saja loh! Alat ini juga bisa dipakai untuk memotong rambut pada jakun dan  dagu. Hair clipper pun lebih sering dipakai untuk memotong rambut dan membentuk gaya atau model rambut menjadi lebih macho. Penggunaannya pun tidak terlalu sulit sehingga siapapun bisa menggunakannya. Agar lebih mudah, perhatikan cara potong rambut pria dengan mesin di bawah ini yah!

  1. Cara potong rambut pria dengan mesin yang pertama adalah pastikan telah membersihkan rambut dengan keramas memakai shampo sesuai dengan kebutuhan jenis rambut. Tujuan dari membersihkan rambut sebelum proses memotong rambut adalah agar melembutkan dan melembabkan daerah rambut. Selain itu, tahap ini juga berfungsi agat rambut nantinya akan tercukur dengan lebih mudah.
  2. Olesi minyak secukupnya di bagian mata pisau alat pemoting rambut. Pastikan untuk menggunakan minyak yang memang diperuntukkan untuk melumasi hair clipper. Adapun tujuan dari pemberian minyak ini adalah untuk meningkatkan kelicinan pisau saat dipakai sehingga tidak akan luka dan iritasi pada daerah rambut atau kulit kepala.
  3. Cukur atau potong rambut sesuai model dan keinginan. Jangan lupa untuk memakai hair clipper yang sesuai dengan ukuran.
  4. Jangan lupa untuk menggunakan air untuk melicinkan rambut saat proses pencukuran. Penggunaan sisir juga penting untuk meluruskan rambut yang sedang dipotong.
  5. Di akhir, jangan lupa untuk membilas daerah kulit yang telah dicukur/dipotong menggunakan air bersih mengalir. Agar menghindari efek gatal karena rambut yang masih menempel, cucilah dengan sabun. Bisa juga dengan memakai lotion atau minyak setelah dicuci dengan sabun.

Kamu juga harus memperhatikan hal di bawah ini agar terhindar dari bahaya dan hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan hair clipper:

  1. Berbahaya jika menggunakan hair clipper di tempat yang dekat dengan air. Seperti di wastafel, kamar mandi, permandian, dan lain sebagainya.
  2. Jangan pernah sekalipun untuk memakai hair clipper langsung setelah dicelupkan dalam air.
  3. Pastikan telah melepas kabel atau sambungan listrik jika ingin membersihkan hair clipper.
  4. Pastikan telah mengelap hair clipper sampai kering setelah penggunaan. Jangan meninggalkan hair clipper saat masih dalam keadaan basah setelah penggunaan.

 

Be Sociable, Share!
Categories: Fashion Pria, Tips Fashion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *