Model Busana Muslim : Kaftan

No Comments

Kaftan adalah baju muslimah yang lebar dan terkesan seperti jubah dengan hiasan renda atau border di bagian lehernya. Biasanya pada bagian tangan melebar dan menyaru langsung dengan bagian tubuh tanpa jahitan (seperti kelelawar).  Model busana muslim asal Iran ini terkesan mewah dan glamor sehingga sangat cocok dikenakan untuk berbagai acara resmi seperti pernikahan, pengajian, pertemuan keluarga, idul fitri, dan lain sebagainya. Karena bentuknya yang tidak simpel, maka kaftan ini tidak terlalu cocok dipakai sebagai busana kerja atau busana santai. Kaftan biasa dipadukan dengan hijab atau kerudung dari selendang. Kaftan sempat menjadi tren fashion pada hari raya beberapa tahun lalu. Namun seiring perkembangan mode dan berbagai pendapat para desainer, kaftan mulai kekurangan popularitasnya.

Bagi Anda yang masih menjadikan kaftan sebagai pilihan model busana muslim. Simak beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika memakai kaftan, berikut ini :

  1. Kaftan dengan bahan sifon tembus pandang akan terlihat kurang sopan ketika digunakan saat hari raya. Biasanya Anda akan memilih alternatif menggunakan tanktop dan legging atau manset, namun tetap saja detail kaftan bahan sifon yang ramai hanya di bagian depan tidak bisa menutupi baju dalam dan bentuk tubuh dari pemakainya di bagian belakang. Sebaiknya tambahkan kerudung atau selendang pada penampilan Anda. Solusi lainnya, pilih kaftan yang bahannya tidak tembus pandang, seperti satin atau katun.
  2. Model kaftan yang lurus dan ‘oversized’ tidak selalu cocok untuk beberapa bentuk tubuh. Jika Anda memiliki postur tubuh pendek, kaftan panjang model gamis akan membuat Anda terlihat semakin kecil. Atau jika Anda memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan payudara besar, detail kaftan yang ramai pada bagian dada akan membuat dada Anda terlihat makin penuh dan jadi sorotan. Untuk Anda yang bertubuh mungil, mengenakan sepatu hak tinggi bisa jadi pilihan ketika mengenakan kaftan.
  3. Baca Juga:Fashion Muslim Dengan Model Gamis Yang Cantik

  4. Tidak perlu tambahan aksesori jika model kaftan Anda sudah penuh detail pada bagian dada dan tangan. Menambahkan kalung atau gelang emas misalnya, hanya akan membuat tampilan terlihat penuh dan berlebihan. Cukup kenakan anting stud bila Anda ingin tampilan kaftan lebih menarik.
  5. Kaftan satu warna dari atas sampai bawah. Saat mengenakan kaftan berwarna hitam, hindari memilih jilbab warna hitam pula atau Anda akan terlihat seperti mau ke pemakaman. Begitu juga dengan warna lainnya, hindari memakai warna serupa antara kaftan dan kerudung Anda. Lebih baik pilih warna jilbab yang senada dengan bordiran atau hiasan batuan dan manik-manik pada kaftan Anda.
  6. Jika kaftan kembali menjadi pilihan Anda untuk busana Lebaran tahun ini, modifikasikan kaftan dengan turban agar lebih stylish. Atau bisa juga mencoba bahan kaftan lain dengan motif batik atau tribal dibanding bahan polos seperti sifon, silk atau katun.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *