MODEL BAJU MUSLIM ATAU KOKO

No Comments

Pasti pertama kali mendengar kata baju muslim, yang terlintas di pikiran banyak orang adalah baju koko. Karena memang muslim itu sebutan untuk laki-laki beragama Islam. Dan baju yang mengidentitaskan baju muslim ya baju koko, meskipun ada juga bentuk gamis untuk laki-laki. Hanya saja, dibandingkan gamis, laki-laki lebih suka mengenakan model baju muslim atau koko. Alasannya simple, karena bentuk model baju koko seperti kemeja dan kaos atasan.

Kalau dulu, sebelum baju koko booming, baju koko hanya digunakan sebagai baju untuk shalat saja. Keberadaannya sebatas untuk ibadah saja, selesai itu segera dicopot dan digantungkan. Nanti dipakai kembali pada saat akan shalat lagi, atau malah tidak menggunakannya saat shalat karena seseorang itu sudah mengenakan baju selain koko. Tidak dengan sekarang, karena model baju muslim atau koko sudah banyak ragamnya dan bisa menjadi trend centre.

Sejak diperkenalkan oleh almarhum Ustadz Jefri Al-Bukhori, model baju muslim atau koko membidik anak-anak muda dari segi motif. Koko tidak lagi hanya sebatas pakaian putih polos katun atau bahan licin berlengan panjang, tapi koko disentuh dengan motif-motif eye catching yang ketika seseorang melihatnya langsung jatuh cinta. Keberadaannya sangat membantu bukan lagi anak muda, tapi semua kalangan untuk mengenalkan Islam lebih luas.

Sebenarnya dengan adanya model baju muslim atau koko dengan segala motif dan warna, mempermudah proses dakwah sampai ke semua orang. Fashion yang sangat melekat dan dekat dengan semua orang, seolah mendukung proses dakwah tersebut. Tidak ada gap atau penghalang yang membatasi antara ajaran Islam dengan fashion yang berkembang, selama fashion berada dalam ruang lingkup ajaran Islam.

Baca Juga:Model Baju Muslim Trendy untuk Remaja dan Tipsnya

Memangnya ada fashion dari model baju muslim atau koko yang ke luar dari ruang lingkung ajaran Islam? Tentu saja ada. Yaitu, baju koko yang tidak layak dipakai karena misal banyak beberapa bagian dibuat model robek-robek. Itu sudah di luar kewajaran baju koko. Karena bagaimanapun baju koko menjadi salah satu fashion laki-laki Islami, baju koko sangat melekat pada ketundukan kita pada Allah SWT. Jadi baju koko bukan semata-mata menyoal fashion.

Adapun bahan yang digunakannya, tidak melulu hanya di bahan katun atau bahan licin. Bahan kaos yang menjadi favorite banyak orang karena ketika dipakai terasa adem tidak luput dari bidikan para produsen. Sehingga kehadiran model baju muslim atau koko dari bahan kaos bisa digunakan dalam keseharian juga karena sifatnya yang casual atau santai.

Jadi bagaimana dengan pilihan Anda? Apakah ingin menggunakan model baju muslim atau koko dari bahan katun atau bahan yang licin? Ataukah lebih nyaman memakan baju koko dengan bahan kaos? Semua kembali pada diri Anda sendiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *