Mengenal Motif Baju Batik Lebih Dalam

No Comments
Mengenal Motif Baju Batik Lebih Dalam

Siapa yang tidak mengenal batik? Kebudayaan Indonesia yang telah di akui oleh dunia ini sangat unik dan istimewa. Setiap daerah hadir dengan motif yang berbeda. Setiap motif batik memiliki makna yang hebat. Berikut ini beberapa motif baju batik yang berkembang di Indonesia dan maknanya:

Mengenal Motif Baju Batik Lebih Dalam

  • Mega Mendung

Pada motif ini kita akan melihat garis lengkung yang membentuk awan mulai dari dalam yaitu ukuran terkecil hingga terluar. Garis melengkung yang melebar dari dalam sampai yang paling besar tersebut bergerak secara teratur dan harmonis.

Motif ini mengajarkan bahwa kehidupan selalu berubah, ada pasang surutnya. Ada masalah, perubahan, dan pasang surut kehidupan. Selain itu, motif ini menceritakan alur kehidupan manusia yang selalu menyatu, terus berputar dan berkembang.

  • Motif Kawung

Motif batik kawung memiliki filosofi bahwa kemauan tinggi dan kerja keras akan selalu membuahkan hasil yang sebanding. Tidak akan ada usaha yang mengkhianati hasil.

  • Motif Parang atau Lereng

Batik dengan motif ini tidak dimiliki banyak orang. Karena hanya boleh dikenakan oleh para sentono dalem atau anak cucu raja.

  • Motif Batik Parang Kusuma

Batik ini mengajarkan kita untuk hidup selalu didasarkan pada perjuangan demi kebahagian lahir batin, ibaratkan keharuman dari sebuah bunga atau kusuma.

  • Motif Batik Sido Mukti 

Motif batik satu ini bermakana kemakmuran. Selain hidup dengan keluhuran budi, tindakan dan ucapan, bagi orang Jawa kemakmuran atau mukti dunia akhirat juga harus di gapai.

  • Motif Batik Parikesit

Makna dari motif batik parikesit adalah dalam mencari kebutuhan atau keutamaan harus dengan perjuangan, usaha yang keras, kecepatan dan kegesitan tetapi tidak boleh bertentangan dengan norma dan hukum yang berlaku.

  • Motif Batik Ciptoning

Motif satu ini banyak dipakai oleh pemimpin, para tetua atau yang dituakan. Di harapkan agar pemakainnya menjadi orang yang bijak dalam mengambil keputusan dan bisa memberikan saran serta jalan keluar, petunjuk yang benar bagi orang lain di sekitarnya atau yang membutuhkan

  • Motif Batik Meru

Batik yang berasal dari kata Gunung Mahameru ini memiliki harapan agar setiap pengguna baju batik motif ini selalu mendapatkan kebahagiaan dan kemakmuran. Gunung Mahameru dipercaya sebagai singgasana dari dewa tri murti yang merupakan lambang dari segala aspek kehidupan, kebahagian dan kemakmuran yaitu Sang Hyang Brahma, Sang Hyang Wisnu, dan Sang Hyang Siwa.

  • Motif Batik Sawat

Kata sawat berarti melempar. Motif batik ini menggambarkan senjata dari batara Indra yang selalu berhasil membantu batara Inda melindungi rakyat. Di harapkan dengan menggunakan baju batik motif sawat, pemakainya selalu mendapatkan perlindungan.

Baju batik memiliki beraneka ragam motif, di atas adalah beberapa dari banyaknya motif. Setiap motif batik memiliki makna hidup dan pengharapan untuk penggunannya.

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *