Jangan Cuci Celana Jeans Kesayangan Anda, Ini Cara Membersihkannya yang Benar

No Comments

Banyak orang yang beranggapan bahwa celana jeans harus lebih sering dicuci karena tebal sehingga sering jadi tempat bermukimnya kuman. Padahal hal demikian salah. Celana jins atau celana denim sebaiknya justru tidak dicuci sering-sering bahkan hukumnya haram mencuci jins dengan mesin cuci. Proses pencucian tradisional dan konvensional ternyata dianggap dapat merusak warna dan tekstur kain denim. Selain itu, bahan jins atau denim yang tebal justru akan membuang-buang air. Tenang saja, meski jarang-jarang dicuci, masih ada cara lain untuk membuat celana jins Anda tetap bersih dan bebas kuman. Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan mulai dari cuka putih, botol semprotan, kantong plastik bening, washlap basah dan celana jins Anda yang kotor.

  • Balik dan gantung celana jins.

Pertama-tama, isikan cuka pada botol semprotan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Selanjutnya balikkan celana jins Anda, dengan posisi bagian dalam di luar. Kemudian usap-usap permukaan jins dengan washlap basah secara menyeluruh. Terutama yang terkena noda. Selanjutnya gantung celana jins di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari.

  • Semprotkan cairan cuka.

Setelah menggantung celana jins Anda dengan hanger atau jepit jemuran, sekarang saatnya menyemprotkan cairan cuka yang sudah Anda persiapkan. Namun jangan sembarang semprot saja, ikuti caranya berikut ini: pertama-tama, semprotkan cuka ke seluruh permukaan celana jeans lalu balik permukaannya dari luar ke dalam lagi, ulangi penyemprotan setelah itu baru balik kembali dan semprotkan lagi seperti di awal. Setelah itu, bawa celana jins Anda ke tempat yang terkena sinar matahari (baiknya antara pukul 08.00-10.00). Jangan terlalu lama menjemur celana jins, cukup 20 menit saja.

  • Bekukan dalam freezer.

Cara ini mungkin masih terbilang aneh bagi sebagian orang, tapi memang beginilah cara yang tepat agar celana jins kesayangan Anda tetap awet dan nyaman dipakai. Lipat dengan baik celana jins Anda kemudian masukkan ke dalam kantong plastik zip. Lalu tekan hingga udaranya keluar semua. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer dan biarkan sampai 24 jam. Cara ini akan membuat celana Anda terasa lebih adem dan nyaman.

  • Tahap menyetrika.

Sah-sah saja sebenarnya mencuci celana jeans terutama jika memang sudah benar-benar kotor, namun jika sudah menggunakan cara di atas tadi, sebaiknya tak perlu harus mencuci lagi. Jika Anda ingin celana jins Anda tetap wangi dan rapi, usahakan setrika dengan cara yang benar. Semprotkan beberapa kali pewangi setrikaan yang mengandung silikon, tunggu agak kering baru setelah itu disetrika dengan cara dibalik, alias bagian dalam celana jins berada di luar. Selamat mencoba

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *