Ini Dia Ciri Kosmetik Berbahaya yang Perlu Dihindari Agar Tidak Merusak Wajah Anda

No Comments

Untuk mempercantik diri perlu make up ataupun alat perawatan dan kecantikan misalnya krim. Namun, banyaknya orang yang ingin mendapatkan kecantikan yang instant dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan produk kecantikan yang bisa membahayakan tubuh. Berikut ini merupakan ciri dari kosmetik yang perlu Anda hindari agar tidak membahayakan tubuh Anda.

Pertama adalah menawarkan hasil yang singkat dan instant. Walaupun saat ini sudah banyak produk yang menawarkan hasil yang singkat hanya dalam 1 kali pakai, namun, jangan terlalu percaya jika langsung memberikan efek yang singkat bahkan beberapa detik setelah pemakaian. Umumnya, kulit akan membutuhkan waktu selama 28-30 hari untuk bisa meregenerasi sel kulit lama dengan yang baru sehingga jika ada yang menawarkan hasil yang sangat singkat, cari tahu komposisinya terlebih dahulu. Sebab, kemungkinan produk tersebut menggunakan bahan mercury dan hydroquinone yang sangat berbahaya untuk tubuh walaupun mampu memberikan hasil kulit putih pucat dalam waktu singkat sebab mengelupaskan lapisan epidermis kulit.

Kedua adalah aroma yang menyengat. Kosmetik yang menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh memiliki aroma yang cukup menyengat dibandingkan dengan produk kecantikan yang aman untuk digunakan. Bahan kimia tersebut adalah mercury dan hudroquinone yang punya aroma menyengat serta susah untuk bisa dinetralisasi. Ketiga adalah memiliki tekstur yang kenyal serta susah untuk meresap ke dalam kulit. Memiliki kandungan yang berbahaya membuat konsentrasi produk menjadi lebih pekat dan kental bahkan tidak jarang yang menyerupai seperti lem sehingga menyebabkan untuk masuk dan meresap ke dalam kulit.

 Lakukan juga beberapa tips untuk perawatan kosmetik anda agar tetap awet. Simak selengkapnya di fashionoid.net

Tekstur yang kental dan menyebabkan produk kurang bisa untuk meresap ke dalam kulit ini akan menyebabkan kulit menjadi terlihat seperti berminyak. Untuk mengetesnya, Anda bisa mencoba mengoleskannya di tangan dan perhatikan selama beberapa saat apakah krim tersebut mudah meresap ke dalam kulit atau tidak saat Anda sedang meratakannya ke dalam kulit. Semakin lama waktu krim meresap serta tesktur yang semakin kental, maka Anda harus mencurigainya.

Ciri krim kosmetik yang tidak baik dan berbahaya saat digunakan adalah:

  • Tidak adanya ijin BPOM. Produk yang aman baik makanan ataupun produk kecantikan harus melalui proses pengujian dan jika aman akan diberikan ijin dari BPOM lewat nomor yang tertera di produk tersebut. Anda bisa mengecek produk tersebut apakah termasuk produk asli atau tidak dengan mencari tahu di website BPOM.
  • Warna yang mencolok ataupun yang terlalu mengkilap. Produk kecantikan yang berbahaya memiliki warna yang mencolok dan terlihat mengkilap saat dilihat. Hal ini disebabkan karena produk ini memiliki kandungan pewarna tekstil yang dicampurkan dan terkadang tidak merata sehingga memiliki tekstur yang menggumpal.

 

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *