Hijab Modern : Mengenal Hijab Satin

No Comments

Ada banyak beragam hijab modern style dikenakan oleh para hijabers dengan padu padan outfit modis yang elegan dan cantik. Hijab tidak lagi lekat dengan tampilan konvesional yang jauh dari kata fashionable. Sebaliknya,  hijab menjadi icon tersendiri bagi kalangan Muslimah modern.  Mereka tampil elegan dengan balutan hijab tapi tidak meninggalkan kesan trendy dan modern.  Hal itu bisa dilihat juga dari banyaknya  style hijab yang bisa kita jumpai saat ini. Begitu juga dengan banyaknya tutorial hijab beragam gaya baik itu berupa gambar -yang menjadi viral di media maya seperti twitter, FB, instagram maupun berupa video yang diupload di YouTube.

Begitupun dengan material hijab modern yang digunakan, kini hijab tidak lagi melulu dibuat dan didesign dari kain katun ataupun Paris. Beberapa bahan hijab yang saat ini juga tengah in dikalangan Muslimah hijabers yaitu hijab berbahan viscose, hijab sifon dan hijab satin. Satin adalah jenis kain yang ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang kinclong mengkilap dan licin. Sementara  bagian dalam permukaan satin cenderung matte dan tidak licin. Satin biasa digunakan untuk membuat gaun pesta, gaun pengantin, lingerie, clutch, juga sepatu. Namun seiring perkembangan zaman, satin kini juga sangat populer digunakan sebagai bahan hijab. Satin digemari oleh kalangan hijaber utamanya karena membuat mereka terlihat beda dengan tampilan glamor, elegan dan feminim.  Dari segi harga, kain satin dewasa ini semakin terjangkau, membuatnya semakin banyak diminati. Selain itu, satin mempunyai jenis yang beragam, mulai dari yang kaku biasanya sangat glossy, sampai yang halus dan terlihat matte.

Macam dari hijab satin banyak sekali, berikut macam-macam jilbab satin yang harus Anda ketahui :

  • Satin Duchesse

Kain satin jenis satin duchesse biasa digunakan untuk pembuatan busana.  Satin ini sangat cantik jika disulap menjadi dress yang cenderung glamor seperti gaun pre wedding, gaun pengantin, dan dress-dress pesta lainnya. Karakter dari jenis bahan satin duchesse ini adalah kaku, agak berat, namun tetap mengkilap.

  • Satin Jacquard atau biasa disebut satin Faconne

Berbeda dengan satin duchesse yang agak kaku, satin jenis Jacquard atau satin Faconne ini lebih lembut, dan juga lebih lentur. Satin jenis ini juga merupakan satin yang berpola, bisa pola garis, paisley, atau pola floral. Satin Faconne cocok untuk tampilan hijab yang glamor dengan vintage look. Selain tidak terlalu licin, hijab dengan pengunaan hijab satin jenis ini memberikan tampilan  yang beda, berkelas dan elegan.

  • Satin Delustered atau biasa disebut satin kulit sutra

Uniknya dari satin jenis ini adalah kedua sisinya bisa digunakan alias bolak-balik. Sesuai namanya, satin ini mempunyai karakteristik  yang ringan dan kilaunya lain dari kilauan satin pada umumnya.  Satin ini tergolong bahan satin paling mahal karena teksturnya yang  sehalus sutra.

  • Satin Silk

Karakteristik utamanya adalah mempunyai permukaan luar yang glowing, dengan bagian dalam  yang matte.  Satin silk juga mempunyai beragam merk dan jenis. Adapun dua jenis satin silk yang popular dikalangan hijaber yaitu satin velvet dan satin roberto cavali.

  • Satin Damask

Jenis satin ini memiliki pola yang rumit dan biasanya dengan desain floral. Selain itu, satin damask juga bisa memiliki pola yang timbul, biasanya menyerupai beludru.

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *