Fakta Unik Tentang Baju Batik yang Perlu Anda Ketahui

No Comments
Fakta Unik Tentang Baju Batik yang Perlu Anda Ketahui

Mengenakan baju batik tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri karena kain batik telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Bahkan, di Indonesia setiap tanggal 2 oktober mulai pada tahun 2009 sudah ditetapkan sebagai hari batik nasional. Kain batik telah menjadi bagian hidup dan ciri khas masyarakat Indonesia. Selain memberikan kesan elegan saat dipakai, baju yang terbuat dari kain batik juga telah banyak mengalami modifikasi. Ada banyak sekali motif kain batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti:

 Fakta Unik Tentang Baju Batik yang Perlu Anda Ketahui

  • Motif batik tujuh rupa yang berasal dari Pekalongan.
  • Motif batik sogan yang berasal dari daerah Solo.
  • Motif batik mega mendung yang berasal dari Kota Cirebon.
  • Motif batik parang yang berasal dari Pulau Jawa dan masih banyak lagi.

Seiring berkembangnya waktu, kain batik tidak hanya dibuat sebagai kemeja atau atasan saja, namun saat ini mudah Anda temukan model baju yang terbuat dari kain batik dengan desain yang trendy dan mudah dipadukan dengan pakaian apa saja. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kain batik memiliki beberapa fakta unik yang belum diketahui oleh banyak orang, berikut akan kita bahas apa saja fakta uniknya, yaitu:

  • Asal mula kata batik.

Kata batik adalah hasil perpaduan antara kata amba yang dalam bahasa jawa berarti menulis dan titik yang berarti titik, jadi terbentuklah kata batik.

  • Membatik merupakan pekerjaan yang eksklusif.

Untuk para wanita zaman dahulu, memilih bekerja sebagai seorang pembatik untuk membuat baju batik merupakan hal yang sangat baik. Hal ini dikarenakan pekerjaan membatik dinilai sebagai pekerjaan yang eksklusif.

  • Perbedaan corak batik.

Hal yang mendasari perbedaan corak atau motif kain batik dari berbagai daerah adalah kebudayaan, seni dan perilaku kehidupan yang tentunya pasti akan berbeda disetiap daerahnya.

  • Festival batik.

Kota Solo dan Pekalongan menjadi kota yang selalu konsisten mengadakan berbagai festival bertema batik. Contohnya seperti Festival Batik Cina, Karnaval Batik Solo dan Festival Batik Solo.

  • Beragam kreasi batik.

Saat ini kain batik tidak hanya sebatas sebagai bahan untuk membuat baju atau pakaian saja, melainkan banyak kreasi seperti tas, sandal, topi dan dompet yang juga dibuat dari bahan utama berupa kain batik.

  • Mitos mengenai batik.

Dalam budaya Jawa, ada beberapa motif batik yang tidak boleh dikenakan dalam sembarang waktu. Seperti motif parang yang tidak diperbolehkan apabila dikenakan untuk acara pernikahan. Ini adalah mitos mengenai motif batik parang yang sampai saat ini sudah melegenda di kalangan masyarakat Pulau Jawa.

Itulah beberapa fakta unik mengenai kain batik yang biasa di pakai sebagai bahan utama pembuatan baju batik. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, Anda harus menghargai dan merawat kain batik dalam bentuk apapun untuk melestarikan budaya bangsa.

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *