Cara Mudah Merawat Dress Pesta Agar Awet

No Comments

Gaun atau dress pesta biasanya memiliki komposisi bahan yang lebih spesial. Digunakan untuk menghadiri acara pesta, jenis busana ini biasanya dibuat dari bahan yang halus dan berkualitas. Selain itu memiliki desain yang menarik dibandingkan dengan busana lain pada umumnya. Tak heran jika harga jualnya cukup mahal dibandingkan dengan jenis busana yang lain. Mengingat harganya yang cukup mahal, tentu Anda tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Bilah salah sedikit saja, gaun pesta yang Anda miliki bisa saja menjadi rusak dan tidak bisa dikenakan dalam jangka waktu yang lama.

 Cara Mudah Merawat Dress Pesta Agar Awet

Gaun pesta merupakan jenis pakaian yang jarang digunakan untuk sehari-hari. Namun meskipun jarang digunakan, bukan berarti gaun pesta yang Anda simpan di dalam lemari akan baik-baik saja. Justru karena jarang digunakan, tak sedikit beberapa orang sering mengabaikan perawatannya. Tahu-tahu saat akan digunakan lagi, ada bagian yang berdebu atau berbulu, bahkan rusak karena ngengat. Padahal, biasanya wanita memiliki tidak hanya satu atau dua buah gaun pesta saja. Namun memiliki beberapa koleksi untuk digunakan bergantian di suatu acara yang berbeda. Tentu Anda tidak mau bukan jika koleksi gaun-gaun pesta yang anda miliki rusak?. Untuk itu cara bijak untuk menghindarinya tentu dengan merawat sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat gaun pesta yang Anda miliki:

  • Jangan terlalu sering mencuci gaun pesta.

Hindari mencucinya terlalu sering agar warna tidak cepat pudar serta serat kain tidak cepat berbulu dan melar. Setelah digunakan untuk berpesta, jika tidak terdapat noda yang menempel cukup gantung gaun dan angin-anginkan saja. Anda bisa menggosoknya dengan setrika uap jika ingin menggunakannya kembali. Jika terdapat noda yang menempel, cukup bersihkan pada bagian yang terkena noda saja.

  • Hindari mencuci gaun pesta Anda dengan mesin cuci.

Gaun atau dress pesta biasanya memiliki hiasan-hiasan atau aksesoris yang berupa tempelan bordir maupun manik-manik agar terlihat semakin mewah dan menarik. Untuk itu hindari mencuci gaun menggunakan mesin cuci, agar hiasan-hiasan tersebut tidak rusak.

  • Menggantung gaun pesta menggunakan hanger.

Saat menyimpannya di dalam lemari, sebaiknya Anda gantung menggunakan hanger. Pastikan hanger yang Anda gunakan tidak runcing pada ujungnya sehingga tidak merusak serat gaun pesta saat disematkan.

  • Gunakan plastik pembungkus baju untuk menghindarkan dari debu dan kotoran.

Untuk menghindarkan dari debu dan kotoran yang menempel, Anda bisa menyimpannya dengan memberikan pembungkus plastik di bagian luarnya.

  • Sekali waktu mengeluarkan gaun pesta yang sudah tersimpan lam di dalam lemari.

Untuk gaun atau dress pesta yang sudah terlalu lama menginap di dalam lemari, sebaiknya Anda keluarkan dan angin-anginkan sebentar. Hal ini bertujuan agar gaun pesta tidak berbau pengap. 

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *