Cantik, Ini Dia Pakaian Pengantin Adat Sunda yang Elegan

No Comments

Menjadi negara yang penuh dengan beragam budaya serta adatnya, tak serta merta membuat masyarakatnya tidak turut menjaga dan melestarikannya. Contohnya saja dalam hal berpakaian. Beberapa adat atau suku yang ada di Indonesia ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari adanya corak batik yang berbeda-beda di setiap daerahnya, bahasa daerah yang berbeda-beda, hingga adanya model gaun kebaya yang berbeda pula.

Di samping itu, adanya penerapan sistem atau norma norma adat yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat di daerahnya tak menjadikan masyarakat Indonesia turut mendebatkannya. Karena memang semboyan bangsa ini adalah Bhineka Tunggal Ika, yang berarti walau berbeda beda tetap satu tujuannya.

Termasuk dalam halnya budaya adat Sunda yang termasuk salah satu budaya yang ada di Indonesia. Sebagai kebudayaan yang juga tertua di Indonesia, adat Sunda memiliki beragam bentuk dan budaya yang sangat khas. Tentunya hal ini tak lepas dari nilai nilai kesopanan luhur yang tetap dijunjung tinggi. Mulai dari adanya huruf aksara Sunda, kesenian tradisionalnya, hingga pakaian pengantin adat Sunda.

Sebagai warisan budaya leluhur, pakaian adat pun perlu dilestarikan agar kita tidak kehilangan segala bentuk dan penghormatannya pula. Secara geografis, memang Jawa Barat memiliki wilayah yang sama dan berada pada satu pulau, yaitu Pulau Jawa. Namun, secara adat istiadat dan pakaian adat, memang suku Sunda ini memiliki keunikan tersendiri. Tidak seperti suku yang ada di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, maupun Jawa Timur yang memiliki ciri yang hampir sama.

Dengan adanya upaya untuk melestarikan budaya tersebut, artinya kita akan tetap menjunjung tinggi nilai nilai dan norma norma yang ada. Salah satunya saat pelaksanaan akad nikah maupun resepsi yang menggunakan pakaian pengantin adat Sunda. Bila pun Anda bukan merupakan keturunan Sunda, tidak mengapa untuk tetap mengenali budaya kita yang beragam. Untuk tetap menyaring pula adanya budaya budaya asing yang lebih mudah masuk pada zaman modern seperti ini.

Mengenal kata “siger”

Lalu apa yang dimaksud dengan kata siger? Yang jelas bukan seorang penyanyi atau merek mesin jahit, eh itu singer ya. Heehee..

Bila kita berbicara masalah pakaian adat Sunda, pastinya kita akan dikenalkan dengan kata siger. Siger merupakan hiasan kepala atau mahkota yang biasanya digunakan oleh pengantin wanita ketika menikah. Kata siger sendiri memang terdapat dua jenis yang dikenali, yaitu  yang berasal dari adat Lampung dan adat Sunda.

Namun, jelas perbedaan bentuk yang dibuatnya. Dahulu, siger asli dari Lampung terbuat dari emas murni, sedangkan siger dari Sunda terbuat dari campuran logam-logam lainnya yang juga bentuknya jauh lebih kecil.

Pakaian adat Sunda memang lebih menonjolkan makna sigernya. Tak banyak hal yang berbeda mengenai pakaian adatnya yang kebanyakan berbentuk kebaya pada umumnya., dan menggunakan bawahan khas yang disebut dengan batik samping lereng eneng. Adanya perpaduan antara kebaya dengan siger tentu mampu menambah keelokan penampilan sang pengantin.

Pada siger, terdapat pula beberapa hiasan seperti kembang tanjung, kembang goyang dan juga ronce melati selain ikut mempercantik ternyata memiliki makna mendalam. Contohnya saja sebagai simbol kesetiaan,  kesucian, dan harapan akan kehidupan pernikahannya dapat berjalan dengan baik.

Beberapa contoh dan model gaun pernikahan adat Sunda :

Gaun yang elegan dan simple

Warna biru yang membuat lebih elegan

Dengan hijab dan aksen bunga warna pink

Nuansa putih lebih terasa syahdu.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *