Berikut 4 Tips Agar Warna Baju Batik Tak Lekas Pudar

No Comments
Berikut 4 Tips Agar Warna Baju Batik Tak Lekas Pudar

Memakai baju batik dijamin akan memberikan rasa bangga pada pelakunya maka jangan heran jika penggemarnya terus bertambah. Tak melulu sebatas orang tua saja melainkan dari kalangan anak muda sudah tidak malu-malu kucing untuk memakai batik. Apalagi saat ini sudah hadir pakaian batik dengan model terkini sehingga pemakainya dijamin akan terlihat modern bukannya ketinggalan zaman. Supaya nyaman pilih pakaian batik yang berkualitas kemudian jangan malas belajar mengenai ilmu merawatnya, apalagi batik terkenal mudah pudar kualitas warnanya.

Berikut 4 Tips Agar Warna Baju Batik Tak Lekas Pudar

Tips Agar Batik Tak Mudah Pudar

Warna pada kain batik berasal dari pewarna kain alami maka jangan heran mudah luntur dan kalau pencuciannya salah dijamin pudar dengan cepat. Agar tak lekas pudar maka simak beberapa tips berikut ini:

  • Hindari penggunaan detergen,

Mencuci batik tentunya akan kurang baik jika menambahkan detergen karena formula di detergen tersebut akan menggerus lapisan warna pada kainnya. Hindari penggunaannya, sebab kain batik dalam bentuk pakaian sudah bisa bersih maksimal meski direndam dengan air bersih. Apabila kurang yakin maka detergen ini bisa diganti dengan sampo dijamin warnanya tetap mentereng.

  • Selalu cuci dengan tangan,

Pencucian baju batik pun dianjurkan selalu memakai tangan karena ketika memakai mesin dijamin warnanya cenderung mudah luntur. Apalagi kekuatan mesin cuci tidak bisa diatur sedemikian rupa agar mampu menjaga kualitas warna pada kain batik. Mencuci secara manual pun dijamin tidak akan melelahkan karena kain batik tidak perlu dikucek dengan tenaga kuli. Bahkan cukup direndam sebentar dengan air lalu langsung dijemur, dijamin sudah bersih maksimal dan warnanya tahan lama.

Baca Juga:Menilik Beberapa Model Baju Batik, Baju Modern dari Kain Tradisional

  • Simpan dengan cara dimasukkan ke plastik,

Ketika sudah bersih dicuci kemudian bisa disetrika namun dengan suhu yang rendah asal tidak kusut saja. Kemudian untuk penyimpanan baiknya menggunakan plastik laundry yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan rumah tangga atau supermarket. Menggantung baju dari kain batik begitu saja akan membuat kualitas warnanya mengalami penurunan. Maka akan lebih aman jika dimasukkan ke plastik laundry baru kemudian dimasukkan ke lemari pakaian gantung. Cara ini efektif mempertahankan kualitas warna batik meskipun disimpan cukup lama di lemari.

  • Jangan terlalu sering dipakai,

Ada baiknya memiliki minimal dua potong pakaian batik supaya bisa dipakai bergantian, sehingga tidak bosan dan monoton. Dijamin malu juga kalau selama memakai pakaian batik hanya itu-itu saja padahal harga dari pakaian tersebut tidak semuanya mahal. Menariknya ketika batik ini tidak terlalu sering dipakai maka intensitas pencuciannya pun ikut terbatas. Sudah bisa ditebak kalau sistem seperti ini membantu menjaga kualitas warna batik terjaga lebih lama. Jadi tidak perlu pusing merawat warna baju batik sebab asal jarang dipakai dijamin awet.

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *