4 Jenis Sandals Tradisional Unik dari Berbagai Negara

No Comments

Terdapat beberapa jenis alas kaki yang bisa dipergunakan untuk di rumah atau untuk main atau untuk acara tertentu, dan salah satunya adalah sandals. Disebut juga dengan sendal atau sliper atau flip flop, ada beberapa jenis alas kaki tradisional dari berbagai negara yang bahkan sebagian masih dipergunakan hingga kini untuk acara tertentu misalnya untuk acara tahunan atau digabungkan dengan pakaian tradisional dari negara tersebut.

Pertama dari Jepang. Negara Matahari Terbit ini memiliki 2 jenis alas kaki sendal yang umumnya digunakan saat sedang menggunakan kimono. Pertama adalah geta. Alas kaki ini terbuat dari bahan yang kokoh yaitu kau solid. Di bagian bawah geta terdapat bagian yang menonjol yang terlihat seperti gigi dan disebut sebagai ha. Ha pada geta ini ada yang jumlahnya 1, 2 atau 3 yang dipasang di bagian bawah sendal. Walaupun sekarang banyak perubahan misalnya diberi hiasan sehingga terlihat lucu, alas kaki ini bahkan bisa digunakan untuk saat tertentu misalnya saat musim salju tiba sehingga kimono yang dipergunakan tidak menyentuh tanah dan tidak kotor.

Selain geta, Jepang juga memiliki zori. Alas kaki ini memiliki bentuk yang mirip dengan sandals yang ada di Indonesia. Ada jenis zori dengan sol tebal dan tinggi layaknya wedges namun ada juga yang flat atau datar. Alas kaki yang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh untuk wisatawan ini aslinya dibuat dari bahan kayu walaupun kini sudah banyak modifikasi seperti terbuat dari karet, kulit, plastik dan diberi beragam ornamen sehingga bentuknya menjadi semakin cantik.

Kedua adalah dari Korea. Alas kaki dari Korea ini disebut dengan Jipsin. Alas akki ini terbuat dari bahan jemari dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 37-668 SM atau sudah sejak masa 3 Kerajaan. Umumnya, alas kaki ini dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari layaknya seperti las kaki pada umumnya dan dipergunakan saat musim dingin. Walaupun hingga kini alas kaki ini masih digunakan namun sudah tidak banyak yang menggunakannya.

Jenis sandals tradisional yang lainnya yang unik dari berbagai negara adalah:

  • India dengan padukas. Alas kaki ini disebut sebagai alas kaki yang tertua yang ada di India. Memiliki bentuk seperti sendal pada umumnya namun hanya dilengkapi dengan penjepit kaki sehingga agar bisa digunakan bagian tersebut harus di jepit di jemari kaki. Alas kaki yang dinilai mewah ini hanya bisa dipergunakan oleh orang kaya ataupun bangsawan dan biasanya dibuat dari perak, besi, kayu ataupun gading gajah dan dilengkapi dengan ukiran yang cantik.
  • Belanda yang memiliki klompen. Alas kaki dengan bagian depan yang tertutup ini dibuat dari kayu poplar yang dipahat dan dicungkil sehingga bisa dipergunakan sebagai alas kaki. Klompen biasanya digunakan untuk bekerja di kebun namun kini umumnya hanya untuk oleh-oleh.

 

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Fashion Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *