4 Jenis Bahan Jaket Parka Ini Harus Anda Ketahui Sebelum Membuatnya

No Comments

Dari sekian banyaknya jenis jaket, selain model jaket kulit, saat ini jaket parka juga sedang menjadi trend. Yaps, jaket yang telah ada sejak tahun 50-an ini, memang jaket yang umum digunakan kalangan militer Amerika.

Namun siapa sangka dengan jenis bahan jaket parka yang bagus ini, jika dulunya hanya digunakan secara eksklusif oleh tentara, maka sekarang tengah menjadi item fashion yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan, bahkan desain yang hadir saat ini tak hanya model macho untuk pria saja, namun juga didesain khusus untuk kalangan wanita.

Keunggulan Jaket Parka yang Harus Anda Ketahui

Pada awal pembuatannya, memang jaket parka hanya diperuntukkan guna kebutuhan militer saja. Dimana dengan bahan jaket parka yang memang cukup tebal, sangat tepat jika digunakan untuk memasuki area hutan, pegunungan, serta lokasi-lokasi lainnya yang mempunyai kondisi iklim serta cuaca yang cukup ekstrim.

Hal ini karena tujuan jaket parka adalah untuk melindungi tentara militer Amerika dari cuaca ekstrim, serta dengan lapisan bahannya yang tebal akan menghangatkan tubuh.

Bahan-Bahan Jaket Parka yang Direkomendasikan

Dengan berkembangnya trend fashion, jaket parka saat ini telah digandrungi oleh berbagai kalangan, bahkan bagi kalangan muda-mudi jaket ini wajib digunakan untuk memberikan penampilan yang modis.

Nah, apakah Anda tertarik ingin menggunakan jaket modis ini? Sebelum mengenakan atau membuatnya, kenali terlebih dahulu beberapa bahan jaket parka yang sangat direkomendasikan berikut ini:

  1. Cotton Twill

Salah satu bahan jaket parka yang umum digunakan yakni cotton twill. Dimana bahan ini masih sejenis dengan kain katun, namun kualitasnya yang paling terbaik serta mempunyai permukaan yang sangat halus. Alasan mengapa jaket ini lebih digunakan adalah karena memiliki kenyamanan ketika dikenakan dibandingkan kain lainnya, sehingga tak heran jika harganya cukup mahal.

  1. Kain Kanvas

Untuk kalangan militer, bahan jaket parka yang umum digunakan adalah dari kanvas. Hal ini karena, kain kanvas memiliki serat yang halus, terutama dengan tingkat ketebalan yang tepat. Tak hanya itu saja, kain kanvas juga memiliki tekstur yang lebih kuat, tebal serta tahan lama, sehingga sangat cocok digunakan oleh militer untuk menjelajah alam yang sangat ekstrim.

  1. Kain Taslan

Bahan jaket parka ini masuk dalam jenis kain parasut. Dimana bahan dasar pembuatannya berasal dari material polyester, sehingga jika dilihat sekilas mirip sekali dengan kain parasut. Untuk teksturnya, kain ini agak licin serta berkilau, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat jaket parka karena akan memberikan tampilan yang menarik.

Tak hanya itu saja, dengan kandungan polyester-nya, maka bahan ini anti air atau bersifat waterproof, sehingga sangat cocok untuk berbagai kondisi terutama ketika hujan.

  1. Kombinasi Bahan Nylon dan Katun

Kombinasi dua bahan jaket parka ini yang paling banyak digunakan. Dimana keunggulannya adalah memiliki tampilan yang menarik di bagian luarnya serta memiliki sifat kedap air atau waterproof.

Tak hanya itu saja, karena di bagian dalamnya menggunakan material katun, maka memiliki sifat yang mudah menyerap keringat. Dengan kedua kombinasi bahan ini, maka jaket parka yang akan dihasilkan lebih nyaman, tahan lama dan memiliki penampilan yang menarik.

Di samping hal tersebut, cara merawat jaket kulit memang cukup sulit, sehingga tak heran jika jaket parka lebih dipilih saat ini. Apalagi, seiring perkembangan fashion, bahan jaket parka telah terdiri dari beberapa jenis, sehingga penggunaanya bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Tertarik ingin menggunakan bahan jaket parka yang mana?

Be Sociable, Share!
Categories: Tips Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *